Friday 23 November 2012

Wergan Jawa = Elang Jawa

Wergan Jawa (bahasa Latin: Alcippe pyrrhoptera) adalah spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Alcippe. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga, beberapa buah-buahan yang memiliki habitat di hutan, pinggir hutan, gunung. tersebar diatas ketinggian 1.000 m dpl. (wikipedia)

Burung ini endemik pulau jawa. Penyebaran burung ini hanya di Jawa Barat dan Jawa Tengah terbatas pada daerah pegunungan. Tetapi karena kekurangan data, IUCN menetapkan spesies ini ke dalam kategori LC (Least Concern). Kategori yang kurang relevan yang seharusnya diberikan pada spesies endemik yang habitatnya terancam ini.

Dalam buku Mc Kinnon disebutkan bahwa perjumpaan burung ini sangat jarang dan sangat sulit. Bisa dikatakan frekuensi perjumpaan sangat jarang. Hal itu yang membuat IUCN menetapkan burung ini masuk kategori LC. Alangkah butuhnya penelitian lebih lanjut terhadap burung langka dan endemik ini, dalam rangka meningkatkan status di peraturan perundang-undangan dan juga peraturan internasional.

3 comments:

  1. saya punya burung wergan jawa ....

    ReplyDelete
  2. Om ajapul wergan jawa jenis kelamin jantan dan betina nya seperti apa. Saya punya tapi ga paham kelamin nya. Mohon di balas ciri ciri jantan betina nya..trims

    ReplyDelete