Wednesday 21 November 2012

Bali Birdwatching Race 2012

 Bali Birdwatching Race 2012 (BBR 2012) merupakan kegiatan pengamatan burung  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMABIO) FMIPA Universitas Udayana. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang mengikutsertakan Siswa-siswi SMA Negeri/Swasta, Universitas dan Kelompok Pecinta Burung se-Bali, Jawa dan Nusa Tenggara.
Kegiatan BBR 2012 diadakan bentuk lomba pengamatan burung sekaligus konservasi burung, karena dalam kegiatan ini pengamatan dilakukan tanpa mengusik dan merusak keberadaan burung tersebut pada daerah atau habitat aslinya. Kegiatan ini juga dapat dikategorikan sebagai  olah raga karena aktivitas ini memadukan teknik identifikasi burung dengan teknik pengamatan di alam bebas yang penuh dengan tantangan secara fisik. Kegiatan ini mengajak peserta untuk lebih dekat dengan alam dan mengenal berbagai populasi burung yang ada.

Pengamatan  BBR 2012 akan diselenggarakan di Balai Taman Nasional Bali Barat, Jalan Raya Cekik Gilimanuk Jembrana-Bali pada 7 Desember – 9 Desember 2012. Taman Nasional Bali Barat merupakan taman nasional yang memiliki empat jenis ekosistem yaitu ekosistem hutan hujan, ekosistem savana, ekosistem hutan musim dan ekosistem mangrove. Masing –masing ekosistem memiliki berbagai keanekaragaman jenis burung yang melimpah.
       Melalui pengamatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian pelajar, mahasiswa dan masyarakat terhadap lingkungan khususnya konservasi burung. Belakangan ini fenomena perdagangan burung dan penembakan burung secara liar sangat marak di masyarakat. Padahal, Indonesia sendiri  merupakan negara urutan kelima yang memiliki keanekaragaman jenis burung sebanyak 1.539 jenis. Indonesia juga memiliki burung endemik terbanyak di dunia yaitu 381 jenis. Pulau Bali memiliki beranekaragam jenis burung baik burung yang dilindungi oleh Undang-Undang maupun yang belum dilindungi oleh Undang-Undang Penertiban Perburuan dan Perlindungan Satwa Liar no 22 tahun 1992 di daerah Bali. Jalak Bali (Leucopsar rotchildi) merupakan salah satu burung endemik Pulau Bali yang kini terancam keberadaanya.

Info lebih lanjut disini.

No comments:

Post a Comment